Please wait...
Suggest:

3 Mock API Gratis untuk membuat prototype aplikasi

Last update at September 2, 2022 by

Mock API atau banyak yang menyebutnya Fake API merupakan API palsu yang bertujuan untuk mensimulasikan API seperti aslinya untuk aplikasi yang dibangun sebelum bagian backend selesai mengembangkan API aslinya untuk bisa digunakan, jadi front-end dan backend bisa jalan bersamaan.

Atau mock API juga bisa digunakan untuk seseorang yang sedang belajar front-end maupun mobile developer jadi tidak perlu membangun API dari awal lagi, cukup gunakan Mock API ini.

Langsung saja, berikut ini Mock API Gratis untuk membuat prototype aplikasi yang bisa kamu gunakan.

1. JSON.web.id

json.web.id merupakan layanan mock api gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat prototype aplikasi sebelum API aslinya jadi.

Salah satu kelebihan dari JSON.web.id yaitu dapat membuat data yang persisten artinya kamu bisa membuat format data sesuai dengan yang kamu inginkan dan memiliki fitur multiple namespace yang mana kamu bisa membuat atau melakukan simulasi CRUD (Create, Read, Update, dan Delete) untuk beberapa studi kasus.

Misalkan kamu mau membuat aplikasi absensi karyawan, yang mana terdapat database karyawan itu sendiri dan data history absennya. Maka, kamu dapat membuat API nya sendiri dengan response data yang kamu tentukan.

Selain itu kamu juga bisa menghapus dan mengubah data yang kamu input, sangat mirip bahkan sama persis dengan aslinya.

2. JSON Placeholder

JSON Placeholder merupakan Fake Rest API yang sangat sederhana, karena dengan mudah kita bisa melakukan simulasi request API seperti GET, POST, PATCH, dan DELETE.

Akan tetapi data yang anda kirim tidak benar-benar disimpan atau terupdate maupun terhapus tapi JSON placeholder memberikan respon seolah-olah semua proses nya berhasil.

3. Mockoon

Mockoon adalah aplikasi desktop yang fungsinya mirip dengan JSON placeholder hanya saja berjalan di komputer kita (localhost) dan bisa kostumisasi (customize) response maupun simulasi error berdasarkan status code, cocok untuk pembuatan prototype aplikasi besar karena bisa membuat route path yang sama persis dengan aslinya.

Misalkan kamu mau membuat aplikasi mobile yang mana memilik API dengan route sebagai berikut :

  • [POST] /auth/login
  • [GET] /products
  • [GET] /product/{id}

Dengan mockoon kamu bisa membuatnya sama persis dengan response yang kamu sesuaikan juga, hanya saja data yang di berikan merupakan data statis.

Penutup

Itulah 3 mock api gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat aplikasi prototype ataupun belajar front-end baik itu di mobile maupun web.

Silahkan bagikan ke media sosialmu jika konten ini bermanfaat, Terimakasih.

Postingan Lainnya

©2024