Please wait...
Suggest:

Yuk, Kenalan dengan Flutter

Last update at Mei 15, 2023 by
Yuk, Kenalan dengan Flutter

Sebelum mengenal flutter saya sendiri pernah mencoba beberapa framework mobile hybrid seperti Cordova, Ionic, Native Script, React Native. sebenarnya pada saat saya mau belajar React Native itu agak bingung mau React Native atau Flutter, waktu itu saya mencoba flutter tapi karena masih baru masih bingung dengan ruang lingkup nya, tidak lama akhir nya saya merasa tidak cocok dan mencoba React Native.

Hah! saya kira React Native itu mudah untuk orang yang basic nya backend seperti saya, meskipun dengan javascript yang mana untuk dasarnya saya kuasai dan sudah ada dasar dengan Angular, tapi entah kenapa saya tidak nyaman dengan React Native.

Tidak nyaman kenapa? mungkin saya jelas kan di postingan selanjutnya, intinya dari sisi ruang lingkup development nya dan issue-issue di komunitas dan beberapa media seperti medium bahawa katanya React Native di tinggalkan facebook lah dll.

Akhirnya, memutuskan untuk kembali dengan Flutter..! salah satu alasan saya kembali karena flutter memiliki masa depan yang cukup baik (Menurut saya).

Kepanjangan nih, langsung saja Yuk, Kenalan dengan Flutter

Perkenalan

Flutter adalah sebuah framework aplikasi mobil sumber terbuka (Open Source). Flutter digunakan dalam pengembangan aplikasi untuk sistem operasi Android, iOS, Windows, Linux, MacOS. Atau bahasa keren nya Cross-Platforms.

Pengembang Flutter

Flutter pertama kali dikembangkan oleh Google pada bulan Mei 2017. Saat ini, pengembangannya juga didukung oleh komunitas yang aktif, seperti yang terlihat dari kontributor yang mencapai 1,197 orang di repositori Flutter di GitHub.

Flutter dibangun menggunakan bahasa pemrograman C, C++, dan Dart, sehingga menawarkan fleksibilitas dan performa yang handal.

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Flutter Wajib Dicoba

Aplikasi Pertama Dengan Flutter

Untuk membuat project flutter anda di terminal / CMD bisa menjalankan perintah sebagai berikut :

flutter create first_app

Tapi, sebelumnya pastikan di komputer anda sudah terinstall flutter terlebih dahulu.

setelah menjalankan perintah diatas, akan ada folder baru berisi project aplikasi flutter

Kenalan Dengan Flutter
Struktur Project Pertama Flutter

main.dart merupakan file yang pertama kali di jalankan oleh flutter,

untuk menjalankan nya jalan kan perintah berikut

flutter run android
Demo Flutter

Setelah anda Kenalan dengan Flutter apakah anda akan memutuskan untuk pilih flutter?

Refference:

Postingan Lainnya

0 Reponse for this article

Be the first to comment

Write your response

Full Name *
Email *
©2024