Please wait...
Suggest:

Cara Install Package Manager Composer Terbaru di Linux

Last update at Juli 12, 2022 by

Pengantar

Saat ini hampir semua bahasa pemrograman yang populer mempunya package manager untuk mengelola library di ruang lingkup bahasa pemrograman itu sendiri.

Composer merupakan package manager untuk bahasa pemrograman PHP, saat artikel ini ditulis versi terbaru dari composer adalah versi 2.3.8 , di artikel ini kita akan membahas cara install package manager composer terbaru di linux.

Persiapan

  • Koneksi Internet
  • PHP CLI versi 7 , direkomendasikan menggunakan versi terbaru

Cara Install Package Manager Composer

Cara ini mungkin bisa dilakukan juga untuk versi yang lebih tinggi dari saat ini, atau mungkin tidak akan jauh berbeda.

Membaca dokumentasi resmi

Pro tips: Biasakan jika kita mau mempelajari atau mau mencari tahu mengenai tools, software, bahasa pemrograman, dll. sebelum bertanya kemana-mana sebaiknya terlebih dahulu buka dokumentasi dari official websitenya, biasanya disana sudah ada informasi yang cukup lengkap.

Buka website composer di https://getcomposer.org lalu masuk ke halaman Download , dihalaman tersebut terdapat cara untuk mendapatkan composer di perangkat kita, dan kita akan bahas langkah-langkah tersebut sekarang.

Download Installer

dibaris pertama kita akan diarahkan untuk men-download installer menggunakan perintah php-cli dengan cara :

$ php -r "copy('https://getcomposer.org/installer', 'composer-setup.php');"

Ketika perintah tersebut dijalankan maka kita akan mendapatkan satu file bernama ‘composer-setup.php’, file tersebut merupakan installer untuk composer.

Memvalidasi File Installer

Untuk memastikan bahwa file yang kita download itu tidak bermasalah (corrupt) dan tidak disusupi virus, kita dianjurkan untuk memvalidasinya dengan metode hashing, caranya sebagai berikut :

$ php -r "if (hash_file('sha384', 'composer-setup.php') === '55ce33d7678c5a611085589f1f3ddf8b3c52d662cd01d4ba75c0ee0459970c2200a51f492d557530c71c15d8dba01eae') { echo 'Installer verified'; } else { echo 'Installer corrupt'; unlink('composer-setup.php'); } echo PHP_EOL;"

Mulai Install Composer

Selanjutnya jalankan file installer yang sudah di download tadi, dengan menggunakan perintah sebagai berikut:

$ php composer-setup.php

Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai, dan setelah selesai kita akan mendapatkan satu file baru bernama composer.phar file tersebut merupakan file yang digunakan untuk menajalankan composer.

untuk memastikan sudah berjalan dengan baik, kita coba cek versi composernya dengan cara :

$ php composer.phar -v

output nya akan menampilkan versi dari composer itu sendiri, dan perintah tersbut hanya bisa dijalankan dimana file composer.phar itu berada.

Lalu bagaimana jika kita mau menjalankan perintah composer dimana saja tergantung project php kita berada. maka kita perlu memindahkan file composer.phar tadi ke lokasi yang sudah terdaftar di PATH variable, maka kita perlu memindahkan file tersebut ke ‘/usr/local/bin’ karena lokasi tersebut sudah terdaftar di PATH variable jadi setiap file binary yang ada di dalam folder tersbut bisa kita jalankan di mana saja.

Untuk memindahkannya lakukan dengan perintah sebagai berikut :

$ mv composer.phar /usr/local/bin/composer

Setelah itu harusnya composer sudah bisa dijalankan secara global, dengan perintah :

$ composer
$ composer -v

Kesimpulan

Composer dapat membantu kita untuk memasang banyak package / library PHP yang ada di https://packagist.org/ maupun di repository git.

Sekian dan terimakasih.

Postingan Lainnya

0 Reponse for this article

Be the first to comment

Write your response

Full Name *
Email *
©2024