Please wait...
Suggest:

Download Ubuntu Server 22.04 LTS Minimal (VirtualBox)

Last update at Oktober 26, 2022 by
Download Ubuntu Server 22.04 LTS Minimal (VirtualBox)

Pengantar

Ubuntu Server minimal merupakan opsi yang diberikan pada saat melakukan instalasi ubuntu server, setelah terinstall biasanya sistem operasi tidak terinstall aplikasi aplikasi yang tidak diwajibkan dalam ubuntu server itu sendiri, jadi kita yang harus install manual satu per satu.

Kenapa Minimal ?

Kenapa saya pilih minimal version ? saya sendiri mempertimbangkan minimal version ini karena pada saat membuat virtual machine (vm) di cloud computing seperti Google Cloud Platform (GCP) harapannya bisa “ngirit” penyimpanan, dan menghilangkan aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan saat deployment.

Karena saya sendiri terbiasa menggunakan minimal version di cloud, dan pada saat saya mau mencoba melakukan experiment atau nge-lab di lokal ketika saya coba mencari installer ubuntu server 22.04 yang versi minmalnya di internet itu ternyata secara official sudah tidak ada, dan ternyata versi minimal itu tidak tersedia secara official .

Akan tetapi, saat kita melakukan instalasi ubuntu server dengan ISO yang disediakan, disana kita bisa memilih mau yang minimal atau standard. Akhirnya saya coba install dengan minimal version karena supaya terbiasa dengan yang ada di cloud dan bisa merasakan vibe yang sama juga.

Download Ubuntu Server 22.04 LTS Minimal (VirtualBox)

Saya import VM dari virtualbox yang sudah terinstal ubuntu server 22.04 Minimal, jadi jika suatu hari ini mau bikin VM baru cukup import dari file .ova nya saja.

File sudah saya compress sehingga memiliki ukuran yang relative kecil dibandingkan dengan setelah di extract. Ukuran download sekitar 800MB-an dan setelah di extract file .ova ini berukuran 1.5GB.

Mega

Postingan Lainnya

©2024