Please wait...
Suggest:

5 Ide Aplikasi Berbasis Web Untuk Uji Kemampuan

Last update at November 19, 2023 by
5 Ide Aplikasi Berbasis Web Untuk Uji Kemampuan

Jika Anda tengah mempelajari pemrograman, Anda mungkin mencari studi kasus yang cocok untuk mengimplementasikan pengetahuan yang telah Anda peroleh. Belajar secara mandiri atau otodidak tanpa bimbingan mentor bisa menjadi tantangan, seperti yang saya alami pada awal perjalanan belajar saya, saya bingung dengan ide aplikasi berbasis web apa yang harus saya buat sebagai bahan pembelajaran.

Demi memberikan dukungan, berikut ini adalah 5 Ide Aplikasi Berbasis Web untuk Menguji Kemampuan Anda. Artikel ini sangat sesuai untuk para pemula yang sedang belajar pemrograman berbasis web.

Baca Juga : Yuk, Kenalan dengan Flutter

1. To-do List

Todo list merupakan project relative cukup kecil untuk di buat oleh pemula, karena dengan membuat aplikasi sederhana to-do list kita bisa mengimplementasikan CRUD (Create, Read, Update, Delete) didalamnya, selain itu to-do list project ini jika mau di kembangkan lebih serius, bisa ke management project, karena skema alur dasar sama.

Prasyarat

Berikut ini hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum membuat aplikasi To-do List berbasis web:

  • HTML
  • CSS Dasar
  • Javascript Dasar
  • Database Dasar (SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE)
  • CRUD (sesuai dengan basaha perograman backend nya. misal, PHP, NodeJS, Python, dll)

Prasyarat disini maksudnya bukan berarti kamu harus menguasai, tapi setidak nya kamu ada dasar untuk bisa menggunakannya dengan contoh kasus di project ini.

— fyi

2. Authentication (Login/Logout)

Authentication merupakan bagian dari keamanan pada suatu aplikasi, maka dari itu kita bisa mencoba membuat nya sebelum membuat aplikasi dengan skala yang lebih besar lagi.

Prasyarat

Berikut ini hal-hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu setidaknya sudah punya pengetahuan dasarnya:

Front-end

  • HTML
  • CSS
  • Javascript (optional)

Back-end

Gunakan bahasa pemrograman yang kamu kuasai atau kamu pelajari saat ini :

  • Session
  • Database

3. Kelola Data Personal

Membuat aplikasi untuk mengumpulkan informasi data orang-orang entah itu berupa kontak atau identitas lainnya seperti alamat, pekerjaan, pendidikan dll. Mirip dengan aplikasi to-do list akan tetapi data field yang dikelola lebih banyak dan implementasi untuk skala besarnya bisa untuk membuat aplikasi seperti Customer Relationship Management (CRM), Human Resource Management (HRM), dll.

Prasyarat

Mirip dengan to-do list, tapi saran saya buat aplikasi ini lebih sedikit kompleks misalkan ditambahkan upload photo, authentication, dan dengan tapilan lebih menarik.

  • HTML
  • CSS
  • Javascript
  • Database (SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE)
  • CRUD (sesuai dengan basaha perograman backend nya. misal, PHP, NodeJS, Python, dll)
  • Penanganan Upload File (sesuai dengan basaha perograman backend yang kamu gunakan)

4. Real-Time Chat

Banyak aplikasi realtime chating yang saat ini sering kita gunakan seperti Discord, Telegram, dan Whatsapp, kita bisa membuatnya lebih sederhana lagi untuk menjajal kemampuan kita dalam mengimplementasikan mekanisme realtime, kamu bisa menggunakan websocket atau firebase realtime database untuk menangani data realtimenya .

Contoh studi kasus, buat aplikasi chating yang bisa melakukan kirim pesan dari user A ke user B maupun sebaliknya secara Realtime, dan membuat channel group yang semua group bisa melihat dan mengirim pesan didalam nya. Jika kamu mau menggunakan NodeJS atau javascript bisa coba mempelajari librari dari socket.io karena menurut saya itu cukup mudah.

5. Search Engine (Mesin Pencari)

Terdengar mengerikan tapi tidak semengerikan itu, kita buat mesin pencari yang sederhana saja misal untuk membuat mesin pencari dari 2 website saja. disini kamu akan belajar scraping atau web crawling untuk mengumpulkan data dari website yang akan dimasukan kedalam mesin pencari.

Penutup

Demikian artikel ini saya tulis mudah-mudahan bisa membatu teman-teman yang sedang belajar membuat website atau aplikasi berbasis website.

Postingan Lainnya

©2024